Cara Cek Kiriman Pos Sudah Sampai Atau Belum

Pos Indonesia atau yang sekarang disebut PT. Pos Indonesia adalah salah satu dari sekian banyak Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dibidang layanan pos. Sebelum tahun 1995, Pos Indonesia berbentuk perusahaan umum (perum). Perubahan bentuk dari perum ke perusahaan persero ini ditetapkan melalui peraturan pemerintah (permen) RI nomor 5 tahun 1995.

Logo PN Postel 1956 - 1965
Logo PN Postel 1956 - 1965

Kini Pos Indonesia telah memiliki lebih dari 4.000 kantor pos dan 28.000 agen pos di seluruh Indonesia. Pos Indonesia terbilang berusia tua. Bagaimana tidak, Pos Indonesia berdiri pada tahun 1746 (kala itu dikelola oleh pemerintahan VOC) di Batavia (sekarang Jakarta). Tepatnya adalah 26 Agustus 1746. Kini saham Pos Indonesia dipegang 100% oleh pemerintah Indonesia.

Logo Perum Pos & Giro 1965 - 1995
Logo Perum Pos & Giro 1965 - 1995
Kalau dulu awalnya Pos Indonesia hanya melayani jasa pengiriman surat, maka Pos Indonesia terus berimprovisasi meningkatkan pelayanan. Hingga kini sudah sangat berkembang dengan berbagai layanan seperti jasa keuangan dan jasa kurir.

Logo Pos INdonesia 1995 - sekarang
Logo Pos INdonesia 1995 - sekarang
Berbicara soal jasa kurir atau pengiriman Pos Indonesia, kali ini saya ingin memposting artikel tentang cara cek paket pos sudah sampai mana. Kadang kita suka dibikin harap - harap cemas menanti kedatangan barang yang sudah dikirim kepada kita dari teman di kota yang lain maupun ketika kita membeli barang di toko berbasis daring (online). Maka kita wajib tahu cara melacak pengiriman Pos Indonesia (tracking).

Sebelum kita mempelajari cara mengecek kiriman pos sudah sampai atau belum, ada satu hal penting yang harus diketahui dalam hal kirim - mengirim barang, yaitu resi pengiriman. Jika kawan adalah pihak yang membeli barang dari toko daring, maka pastikan kawan memperoleh nomor resi pengiriman dari pihak penjual, sebagai tanda bahwa barang tersebut sudah termanifes di kantor pos sekaligus sebagai pegangan kawan untuk melacak pergerakan barang ini.

cara cek paket pos sudah sampai mana
Resi pengiriman Pos Indonesia beserta letak nomor resinya.

Cara cek paket pos sudah sampai mana


1. Silahkan masuk ke website resmi Pos Indonesia. Klik di sini

2. Seperti inilah tampilan depan halaman website Pos Indonesia. Perhatikan dibagian kiri yang saya tandai merah. Di situlah terletak "Lacak Kiriman".

cara mengecek kiriman barang pos sudah sampai atau belum

3. Masukkan nomor resi pengiriman atau nomor barcode ke dalam kolom "Nomor Barcode/Kiriman". Lalu ketikkan kode captcha yang ada di sampingnya. Kalau sudah, lanjut tekan "Cari Kiriman".

4. Setelah itu laporan mengenai status pengiriman barang kawan akan muncul. Disitu akan jelas, apakah sudah dalam pengiriman ? Sudah transit di mana ? dll.

5. Kalau posisi kawan adalah pengirim barang, ada layanan plus dari Pos Indonesia berupa SMS konfirmasi yang akan dikirim oleh Kantor Pos ketika barang sudah diterima. Seperti ini SMS nya.

cara mengecek kiriman barang pos sudah sampai atau belum


Gimana ? Sama sekali ndak sulit kan cara mengecek kiriman barang pos sudah sampai atau belum. Jadi tak perlu harap - harap cemas lagi. Apalagi kalau cemasnya sampai berhari - hari, bisa gawat, hehehe. Mudah - mudahan postingan saya kali ini bisa memberikan manfaat. Terima - kasih banyak telah mampir di blog Cara Langkah Buat.

Tabik !

66 komentar

  1. Mohon maaf, saya lacak kiriman saya yg dikirim dari kepulauan jawa. Trus disitu dibuat pada tanggal 8july kemaren paketnya sdah tujuan wasior teluk wondama papua barat dari kantor pos manokwari. Tpi sampai hari ini blom sampai, pihak kantor pos wasior belum ad info ke pihak pemesan. Terimakasih

    BalasHapus
  2. Teman saya kirim barang dri yogja tujuan bandung soreang.kenapa harus ke serang dulu.sya cek di tracking

    BalasHapus
  3. Alhamdulilah saya lancar2 aja om kalo pake jasa pos

    BalasHapus
  4. kaq kaya kirim paketan dr batam mulai tanggal 9 sampai sekarang koq masih di batam ya,?? padahal pakai pos kilat khusus lo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok sama yah pesanan ku dr tgl 29 april sampai skrg blm sampai"_,

      Hapus
  5. Kiriman saya dari Rote Ntt ke bali udah 1 bulan koq ngk nyampe2?????

    BalasHapus
  6. masih harap-harap cemas karena barang belum nyampe manifest serah nya masih alamat pengirim

    BalasHapus
  7. Paketanq tk cek kok msh on proses

    BalasHapus
  8. kenapa yah , saya kirim pakai paket pos express dari Binjai ke Jakarta tp paketnya engga jalan jalan masih di Binjai saja

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah.
    Dr kebumen ke rokan hulu riauriau 2 hari nyampek.

    BalasHapus
  10. Kok paketku dari tangerang tujuan kec.mimika baru timika papua belum nyampe2 y...masih on proces trus dri tanggal 27 oktober 2018 hingga november skrg.

    BalasHapus
  11. Pelayanan pos indonesia lebih baik di perbaiki sebaik mgkn.. Jangan krna free ongkir bikin customer kecewa krn sudah membuat nunggu trll lama.. Dan tgl resi pengiriman dari kemaren tdk perubahan sama sekali...dan tdk ada laporan sama sekali apakah brg uda sampai pos medan..

    BalasHapus
  12. Kok paket ku dr jepara pada tanggal 22november tujuan bangkalan kok masih on proses trus ya.kapan di kirimnya???
    Tolong bwt pt pos indonesia lebih sigap lagi menanganinya

    BalasHapus
  13. Kok paketan q sudah selesai Anatar tp gak ada sampai rumah . Arti selesai Anatar tu apa sih.???

    BalasHapus
  14. Paket ku blm sampai juga dr semarang ke batam masih on proses, padahal udah 4 hari.

    BalasHapus
  15. Lama banget paket internasionalnya

    BalasHapus
  16. Kiriman sya koq gk sampai2.. Katanya 1 hari dh sampai..

    BalasHapus
  17. Uda 6hari paket aku ngk sampe2

    BalasHapus
  18. Ini bagmna si msa paketan sy dari jawa ke NTT sdh 2mnggu masih on proses trs... Tdk jelas skli lah...

    Tlong pt pos indonesia jgn buat pelnggan kecewa...

    BalasHapus
  19. Selamat siang...

    Maaf sblm ny in paketan sbnr ny sdh smpai ko blm ya... Ko blm d antar... Atw di kash kbar kan ad nomor tlfn yg trcantum

    BalasHapus
  20. Pak pos barang saya kirim dr tgl 21 Des 2018 dari semarang smp hari ini tgl 26 Des 2018 blm smp ,penerima dr tangerang

    BalasHapus
  21. Paket saya dr tgl 12 smpe skrg sttus pengiriman nya blm berubah2 msh manifest serah batam trs..

    BalasHapus
  22. Kak mau tanyakan paket saya dengan resi 16916992708,atas nama penerima Ilyas kaca manggeMa(Salman),alamat toko kaca Megaria depan paud,jln Tengku Agam kec.mangggeng kode pos23762,Aceh barat daya, pengiriman sudah 16 hari kok belum sampai ke alamat,tolong kak Krn itu pesanan kawan saya,

    BalasHapus
  23. Maaf pak saya mau tanya barang yang no rdsi nya 17120302291 nama pemerima hadi laksono bisa dicek saya ngga tau sampai dimana soal nya baru pertama kali ngirim lewat pos,,mohon dibantu da pak,,

    BalasHapus
  24. Maaf pak saya mau tanya barang yang no rdsi nya 17120302291 nama pemerima hadi laksono bisa dicek saya ngga tau sampai dimana soal nya baru pertama kali ngirim lewat pos,,mohon dibantu da pak,,

    BalasHapus
  25. Q jga ada kiriman paket dari bandung ke kapuas hullu kalabar dari tgl 2 bln ni sampai hari ni blm sampai2 jga

    BalasHapus
  26. Paket saya udah seminggu belum nyampai-nyampai ya padahal paket kilat khusus, mana itu mau diburu-buru lagi

    BalasHapus
  27. Knpa barang saya blm dtng dri tgl 2 bln ni sampai skrng blm jga ada inpo pihak pos admin pos harap bijaksana

    BalasHapus
  28. Sudah bayar mahal tak tepat waktu

    BalasHapus
  29. Kirim barang dari bulan Desember kok blm sampai ya dari Boja Kendal ke Papua.

    BalasHapus
  30. masa brg sttusnya sdah dari tgl 8 januari di pos gorontalo tp smpe skrg tgl 3 february ga nympe2?? tanya lgsung k kntornya ktanya sdh sama kurir.. manaaaaa???

    BalasHapus
  31. Kenapa paket sya belom sampai ke kecamatan kendawangan ni padahal dekat dari kabupaten ketapang kalimantan barat apa masalah nya

    BalasHapus
  32. Saya ada kiriman barang dari tulungagung sya pke expres tapi kok blom2 nyampk ya,,sttsnya on proses,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama saya juga gitu...udah 5 hari status nya masih dalam proses jga...kecewa rasa nya

      Hapus
  33. Barang saya blm sampai jga pengiriman tgl 16 maret 2019 dari Kabanjahe Sumut ke kupang,kira2 sdh sampai di mana ya?

    BalasHapus
  34. Barang gue ko lama amat yak

    BalasHapus
  35. Barang saya kok belum nyampe juga yaa..dan masih di kantor pengiriman awal terus padahal sudah 4 hari ini

    BalasHapus
  36. dari tangerang ke sorong,pke pos biasa 16 hari blm sampai..brp lama sampainya ya?

    BalasHapus
  37. Paket saya kok udah dua Minggu lum ada konfirmasi berangkat pengiriman nya kak,tolong kak dicek no resi17287902306 dan17164588071

    BalasHapus
  38. Pos indonesia perlu berbenah...

    BalasHapus
  39. Ass_q... Barang saya dari sdah 3 minggu blm nyame... Nmr resi gak ada... Ada yg tau solusi nya??

    BalasHapus
  40. Yg di maksud paket kilat khusus seperti apa seh..??? Sangatta - jember udh sminggu lom nyampe2 jg��

    BalasHapus
  41. Paket saya dari mexico sudah tiba di pontianak sejak 07 mei 2019 kenapa tidak diantar kerumah dan tlpn dikantor pos tidak pernah menanggapi panggilan saya...maaf tolong pihak kantor pos lebih sirgap lagi kejanya

    BalasHapus
  42. Dari tanggal 15 saya cek resi sampai sekarang pket masih dijalan bloom sampai ke pos padang...status masih dalam proses...

    BalasHapus
  43. Resi 60221ASF0000047,atas nama Ilyas kaca Manggeng (Salman)tolong kak paket nya diteruskan ke alamat soalnya itu barang pesanan org.saya blm menrima paketnya krna masih status masih dlm proses,padahal posisi udah satu kabupaten,cuma berbeda kecamatan saja.tolong kak y.

    BalasHapus
  44. Kenapa saat melakukan pengecekan barang, nggak ada perubahan tanggal...
    Barang saya mulai di kirim tgl 6 Juli 2019, tapi sampai tgl 10 Juli 2019 nggak ada update keberadaan barang saya...😭

    BalasHapus
  45. Knpa barang yg saya pesan blom sampe ya,padahal sudah di kirim sejak tanggal 28 juni.sementara saya cek no resinya barang masih dalam proses

    BalasHapus
  46. Paketan saya ke sumber manjing wetan dengan barcode 19PTN0000090235 kok blm sampai ya?

    BalasHapus
  47. barang saya sudah sampe mana yah

    BalasHapus
  48. Barang saya di cek sudah sampai di medan tanggal 22 juni..tapi sampai sekarang masih dalam proses statusnya.. Masa sih dari medan ke langakat aja sudah sebulan lebih tak sampai sampai ke rumah saya.. Tolong kantor pos barang saya cepat di antar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Punya saya sdh seminggu Di sampai Medan ,tapi belom sampai juga padahal Aku tinggal Di Medan Johor...jgn2 sebulan juga belom nyampai...duuhhh mana barang pindhan pulak

      Hapus
  49. Paket saya dng no resi 17386025666 dari bandung ke batam on proses trus uda 2 minggu kapan sampai nya tolong di info secpt nya

    BalasHapus
  50. Paketan dengan nomor 17932993080 kenapa sampai sekarang belum nyampe" ya paketannya?

    BalasHapus
  51. Ini pesanan paket saya dari tanggal 04 Agustus kmrn smpe skg kq blom sampe" ya tujuan Batam

    BalasHapus
  52. Knpyah barang sya sudah e hari belum sampai jua haya dekat it
    Kantor pos kaga guna te usah ba buka perusahan be gitu tdk gunah kantor pos

    BalasHapus
  53. Paket saya dari biak ke bitung sulut dari tanggal 16 belum sampai sampai kenapa bagitu

    BalasHapus


Top