Cara Mengganti Suara Pad Drum Roland TD | Edit Suara Drum Roland TD

Tak perlu diragukan lagi bahwa drum elektrik Roland TD ini dikenal memiliki karakter suara yang sangat natural. Seri V-drum yang memiliki konstruksi kokoh ini sangat menunjang performa kawan saat di panggung atau saat latihan di rumah. Dalam postingan kali ini saya ingin menunjukkan cara mengganti suara pad pada drum Roland TD. Saya menggunakan drum Roland TD4KX2.


Yang saya maksudkan di sini adalah mengganti suara pad default dengan suara atau instrumen lain yang telah disediakan oleh modul Roland TD. Misal, suara snare pada pad 1 yang awalnya "maple 2" saya ingin ganti menjadi "steel", atau suara simbal pada pad 6 yang awalnya "medium 16" saya ingin ganti menjadi "chimes" atau mungkin "tamborin". Ok, kita langsung saja lanjutkan ke langkah - langkah cara edit suara drum Roland TD.

Cara Merubah Suara Drum Roland TD


1. Pilih sound bank yang ingin diedit atau diganti suara padnya, misal sound bank 1, lalu tekan "MENU".

Cara mengganti Suara Drum Roland TD

2. Muncul menu pertama, yaitu "INSTRUMENT", di sinilah kita akan mengganti suara salah satu pad atau beberapa pad yang kita kehendaki. Silahkan tekan "OK".

Cara mengganti Suara pad Drum Roland TD

3. Muncul tampilan seperti di bawah ini, TOM 01 artinya current pad yang siap diganti adalah pad tom 1 atau tom left. Bagaimana dengan pad yang lain ? Silahkan lihat ke tahap selanjutnya ( point 3 ).

Cara mengganti instrumen Drum Roland TD

4. Untuk mengedit pad manapun yang dikehendaki, cukup dengan memukul terlebih dahulu pad menggunakan tangan atau stick untuk menuju pad yang ingin diganti suaranya. 1 untuk pad snare, 2 untuk pad tom 1, 3 untuk pad tom 2, 4 untuk pad tom 3 atau tom floor, 5 untuk pad hihat, 6 untuk pad simbal crash, 7 untuk pad simbal ride dan 8 untuk pad kick. Secara otomatis current pad editing pada layar akan berubah sesuai pad yang kita pukul dan siap untuk diedit.

Ganti Suara Drum Roland TD

4. Misal saya ingin merubah instrumen pada pad tom 1, maka saya pukul terlebih dahulu pad 2 atau tom 1 lalu saya putar knob untuk mencari instrumen lain sebagai pengganti wood 12", saya coba wood 16".

Cara mengganti Suara Drum Roland TD4KX2

5. Terakhir, silahkan tekan OK.

Cara mengedit Suara Drum Roland TD

6. Tampilan akan kembali ke awal secara otomatis, ini artinya proses setting kawan telah berhasil.

Cara mengedit Pad Drum Roland TD4KX2




Mudah sekali bukan ? Begitulah cara mengedit suara drum Roland TD yang bisa saya bagikan kali ini. Sekarang kawan bisa mengedit suara pad menurut kreasi kawan sendiri. Apabila ada sesuatu yang kurang jelas dari apa yang saya sajikan di atas, jangan sungkan kawan, silahkan bertanya di kolom komentar, saya akan dengan senang hati menjawabnya.

Terima kasih telah meluangkan waktu membaca artikel di blog CLB. Selamat bermain drum kawan !

0 komentar:

Posting Komentar


Top