Cara Merubah Sensitifitas Pad Drum Roland TD4

Roland merupakan pabrikan raksasa musik elektronik yang berasal dari Jepang. Saya dan sebagian besar orang sangat yakin dan tidak meragukan lagi kualitas produk perusahaan yang didirikan oleh Ikutaro Kakehashi pada tahun 1972 di Osaka, Jepang. Kini tidak hanya di Jepang, Roland sudah memiliki pabrik di Italia, Taiwan dan Amerika Serikat.

Saya adalah salah satu pengguna setia produk Roland. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tutorial cara mengatur sensitif pad drum Roland TD4. Ya, terkadang sebagai session player, perlu sekali untuk meng-customize set up instrumen elektronik yang kita mainkan untuk kebutuhan lagu tertentu. So, langsung saja kita mulai cara set up sensitifitas drum Roland TD4.

Cara menyetting sensitif pad drum Roland TD


1. Tentu saja nyalakan drum terlebih dahulu, lalu tekan tombol MENU

Cara merubah sensitifitas pad drum roland td


2. Arahkan menggunakan tombol panah ke atas atau ke bawah hingga menemukan menu PAD SETTING.

Cara menyetting sensitifitas pad drum roland td


3. Selanjutnya, silahkan tekan OK.

Cara mengatur sensitifitas pad drum roland td


4. Begini tampilannya.

Cara menyetel sensitifitas pad drum roland td


5. Langsung saja tekan panah ke bawah.

Cara menyetel sensitif pad drum roland td


6. Pilih satu persatu pad yang ingin diatur tingkat sensitifitasnya dengan memukul pad tersebut. Misalkan, saya ingin merubah tingkat ke-sensitifitasan cimbal ride, maka saya pukul pad nomor 7, bisa dengan stik atau langsung dengan tangan kosong.

Cara menyetting sensitif pad drum roland td


7. Layar secara otomatis akan menampilkan pad yang siap diedit, yaitu pad yang telah dipukul tadi (pad 7). Lalu atur tingkat sensitifitas pad dengan memutar knob ke kanan atau ke kiri sambil pad dipukul untuk merasakan settingan sensitifitas yang diinginkan.

Cara merubah sensitif pad drum roland td


8. Jika sudah merasa pas dengan setting yang diharapkan, maka silahkan tekan OK.

Cara merubah sensitifity pad drum roland td


9. Selesai, tampilan kembali ke awal, artinya setting yang telah kita buat sudah tersimpan di modul drum.

Cara menyetel sensitifity pad drum roland td



Demikianlah panduan mengenai cara mengatur sensitifitas pad drum Roland TD4. Dengan begini, kawan bisa meng-kastem tingkat kesensitifitasan drum sesuai yang diinginkan, sehingga performance selanjutnya menjadi lebih kece abis.

Terima kasih banyak sudah meluangkan waktu membaca artikel di blog CLB. Sampai jumpa lagi dan sekalai lagi, terima - kasih.

0 komentar:

Posting Komentar


Top